THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 12 November 2010

BAB 2

MENGGUNAKAN INTERNET UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI.

A.Mendeskripsikan Pelayanan World Wide Web (WWW) sebagai sumber informasi.

Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi, kita dapat menggunakan mesin pencari yang dikenal dengan istilah search engine. Search engine merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topik tertentu. Kemampuan Internet boleh dikatakan tidak terbatas dalam mengolah informasi dan mempunyai sumber daya yang tidak sedjikit, termasuk di dalamnya penggunaan e-mail, usenet newsgroup, proses transfer file ataupun informasi, dan pelayanan lainnya.
Daftar sumber daya pada Internet

- E-mail
Digunakan untuk melakukan pertukaran surat elektronik.

- Newsgroup
Forum diskusi.

- Mailing List
Kelompok diskusi dengan menggunakan surat elektronik.

- IRC [Internet Relay Chat)
Fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan dialog dalam bentuk bahasa tertulis secara interaktif.

- Telnet
Fasilitas yang memungkinkan pengguna melakukan koneksi {login) ke suatu sistem komputer.

- FTP {File Transfer Protocol)
Sarana untuk melakukan transfer berkas dari komputer lokal ke suatu komputer lain atau sebaliknya.

- Gopher
Perangkat yang memungkinkan pengguna untuk menemukan informasi yang terdapat pada server Gopher melalui menu yang bersifat hierarkis.

- Archie
Perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan pencarian berkas pada situs FTP.

- Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Netwide Index to Computer Archieves) Merupakan kemampuan tambahan yang digunakan untuk melakukan pencarian pada situs-situs Gopher.

- WAIS (Wide Area Information Servers)
Perangkat yang digunakan untuk melakukan pencarian data pada Internet yang dilakukan dengan menyebutkan nama basis data dan kata kunci yang dicari.

- World Wide Web (WWW)
Sistem yang memungkinkan pengaksesan informasi dalam Internet melalui pendekatan hypertext
Saat ini, Internet dapat memberikan manfaat pada hampir semua bidang kehidupan. Berikut ini beberapa bidang yang mendapatkan manfaat dari penggunaan Internet :

a.Bidang akademis
b.Bidang ekonomi dan bisnis
c.Bidang keagamaan
d.Bidang sosial
e.Bidang komunikasi
f.Bidang hiburan
Selain memberikan banyak manfaat positif kepada penggunanya, Internet juga mempunyai dampak negatif. Banyaknya informasi yang tersedia dari berbagai macam sumber, membuat para pengguna Internet harus dapat memilah-milah informasi tersebut dengan teliti, karena tidak semua informasi diperoleh melalui Internet terjamin kebenarannya. Salah satu efek negatif penggunaan Internet lainnya, yaitu pembajakan karya intelektual. Para pengguna Internet juga akan kehilangan kesempatan bahkan kemampuan untuk berkomunikasi secara personal karena adanya kemudahan dan kenyamanan dalam berkomunikasi melalui Internet.
B. Menggunakan Menu dan Fasilitas pada Web Browser untuk Mengakses Website.

Fasilitas utama yang dimiliki oleh berbagai browser pada umumnya adalah sama, yaitu penyediaan layanan navigasi untuk para "peselancar" di dunia maya.
a.Title Bar
Merupakan judul dari halaman web yang sedang dibuka. Title forini berada pada baris paling atas dari jendela browser.

b.Menu Bar
Berisi menu-menu utama browser. Misalnya, menu File, Edit, View, dan menu lainnya. Di dalam menu-menu tersebut juga terdapat beberapa submenu yang lain.

c. Toolbar
Merupakan tombol-tombol standar yang sering digunakan pada saat browsing dan sebagai jalan pintas (shortcut) untuk mengakses menu-menu yang ada dalam bentuk button.

d. Address Bar
Berfungsi untuk menunjukkan atau menuliskan alamat situs atau halaman web yang ingin ditampilkan.

e. Workspace
Merupakan ruang untuk menampilkan informasi dari halaman yang sedang kamu kunjungi. Pada bagian ini juga terdapat tempat untuk melakukan scrolling (menggeser atau menggulung) halaman.

f. Status Bar
Berfungsi untuk menampilkan status dari situs web yang sedang kamu buka. Tulisan yang terdapat p&da status bar dapat berubah sesuai kondisi. Bagian-bagian pada tool bar yang sering digunakan dapat dilihat pada tabel di bawah ini

Toolbar Internet Explorer

1. Back :kembali ke halaman web sebelumnya.
2. Forward :maju ke halaman web berikutnya.
3. Stop :menghentikan proses download situs web sedang berlangsung.
4. Refresh :menampilkan kembali halaman web.
5. Home :kembali ke halaman pertama.
6. Search :mencari web atau data tertentu pada Internet.
7. Favorites :menyimpan halaman web yang sering dikunjungi.
8. History :menampilkan kembali daftar web yang pernah dikunjungi.
9. Mail :mengirim atau membaca e-mail.
10. Print :mencetak halaman web.
1. Mengenal URL
URL (Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web. URL adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringannya. Nama file ini tidak hanya menunjukkan direktori dan nama file-nya, tetapi juga nama mesin yang digunakan dalam jaringan. URL dapat disediakan atau di akses dengan berbagai metode dan bisa jadi bukan hanya sekedar file, karena URL dapat menunjukkan query-query, dokumen yang disimpan dalam database, hasil dari suatu perintah finger atau apa pun yang berkaitan dengan data hasil proses.
Aturan penulisan alamat tersebut adalah sebagai berikut.

• Protokol ->http://
• Domain ->www.ilkorn.fmipa.ipb.ac.id
• Directory ->/06/
• Nama halamanh ->index.php

Aturan tersebut jika digabung akan menjadi

http://www.ilkom.fmipa.ipb.ac.id/06/index.php

Bentuk nama domain secara umum adalah

ilkom.frnipa,ipb.ac.id
Bermacam-macam tipe domain dan contoh identitas negara :

Tipe domain

com atau co ->Perusahaan komersial
edu atau ac ->Institusi pendidikan
gov atau goBiro ->atau badan pemerintah
mil ->Militer
net ->penyedia jaringan
org atau or ->Organisasi

Daftar identitas sebagian negara

at ->Austria
my ->Malaysia
au ->Australia
nz ->Selandia Baru
ca ->Kanada
sg ->Singapura
de ->Jerman
tr ->Turki
fr ->Prancis
tw ->Taiwan
id ->Indonesia
uk ->Inggris
IP ->Jepang
us ->USA
kr ->Korea Selatan
ve ->Venezuela
mx ->Meksico
za ->Afrika Selatan
2. Mengenal Homepage

Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman-halaman web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (website).
• Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jika sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web, Suatu homepage dapat memuat informasi mengenai apa pun yang dapat kamu bayangkan.
• Web page atau halaman web merupakan istilah lain yang tidak kalah penting untuk kamu ketahui. Jika website dapat diibaratkan seperti sebuah buku maka sebuah web page merupakan salah satu halaman dari website tersebut. Karena homepage merupakan halaman depan dari website, maka homepagepun dapat disebut sebagai sebuah web page. Akan tetapi, tidak semua web page merupakan homepage.
D. Mendeskripsikan Hypertext dan HTML

1. Mengenal Hypertext

Di dunia web,Di balik tampilannya yang sederhana, Ahavista menyimpan potensi fungsi pencarian yang mencengangkan. Bahkan, fasilitas penerjemahnya, Babel Fish, merupakan layanan terbaik di kelasnyahypertext berarti teks yang dilengkapi dengan link atau hubungan dengan tempat tujuan. Link merupakan suatu unsur dari dokumen hypertext y&ng dapat kamu pilih. Coba klik sebuah link dan kamu akan dihubungkan ke dokumen lain yang tersambung dengan link tersebut. Pada saat kamu membuka alamat situs atau website pada kotak address, secara otomatis di depannya ditambahkan "http://". HTTP{Hyper Text Transfer Protocol) adalah protokol untuk men-download file ke komputer.Hypertext merupakan format teks yang umum digunakan di Internet.

Sebuah dokumen web dapat dibuat secara statik atau dinamik.Oleh karena itu, sebuah sistem hypertext yang dibuat dengan baik akan dapat menangani dan menggunakan banyak antarmuka pengguna lainnya, seperti menu dan bans perintah dan dapat digunakan untuk mengakses kedua dokumen link yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi interaktif. Dokumen dan aplikasi dapat ditampilkan secara lokal di mana pun dokumen dan aplikasi tersebut berada dengan bantuan jaringan komputer,seperti Internet. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah World Wide Web.


2. Mengenal HTML

Halaman web adalah sebuah dokumen HTML. Artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (Hyper Text Markup Language).
• HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.
• Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antarberbagai platform) dan dapat dibuat dengan editor teks apa saja.. kelebihan HTML dari dokumen yang lain adalah dengan menggunakan HTML maka kamu dapat melakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara,dan elemen-elemen multimedia lainnya, dan yang terpenting adalah penggunaan hypertext.
• Hypertext adalah teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya.Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web,yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain.
• Dokumen HTML merupakan dokumen yang ditampilkan dalam browser web surfer.Dokumen ini umumnya berisi informasi atau antarmuka (interface) aplikasi di dalam Internet.
• Terdapat dua cara untuk membuat sebuah halaman web, yaitu dengan editor HTML atau dengan editor teks biasa, misalnya Notepad. HTML bukan sebuah bahasa pemrograman. Jadi, untuk membuat sebuah halaman web, yang perlu ditambahkan adalah kemampuan untuk mengolah gambar, karena halaman-halaman web yang dibuat akan Iebih menarik jika disertai dengan gambar.
E. Mengenal Beberapa Situs Yang Menyediakan Fasilitas Search Engine

Search engine adalah situs khusus di Internet yang dirancang untuk membantu para pengguna Internet untuk menemukan informasi yang tersimpan di halaman situs lain. Kebanyakan pengguna Internet menggunakan bantuan search engine untuk mencari berbagai macam data, informasi, artikel, dan pengetab.uan.di Internet. Program "Gophers" dan "Archie" mencatat indeks file yang tersimpan dalam server yang terhubung dengan Internet dan secara dramatis mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mencari program dan dokumen. Dari sekian banyak mesin pencari (Search Engine), yang paling populer diantaranya, yaitu :

a. Google, beralamat di www.google.com
b. Yahoo., beralamat di www.yahoo.com
c. AlltheWeb, beralamat di www.alltheweb.com
d. Excite, beralamat di www.excite.com
e. Lycos, beralamat di www.lycos.com
f. Altavista, beralamat di www.altavista.com
F. Menggunakan Search Engine Dalam Mengakses Informasi Dari Internet.

Situs search engine selalu digunakan oleh pengguna Internet untuk mencari arti atau uraian dari sebuah kata kunci. Search engine dan direktori-direktorinya tidaklah seragam antara satu dengan lainnya. Perbedaannya terletak pada cara membuat daftar hasil penggabungannya.

Search engine niemiliki tiga komponen penting. Pertama, elemen yang disebut laba-laba (spider) yang disebut juga dengan crawler. Elemen spider mengerjakan akses (kunjungan) ke situs-situs web, membaca isinya, dan kemudian mengikuti link-link yang terdapat pada situs.
G. Mengelola Informasi Yang Diperoleh

1. Menyimpan Informasi

Jika kamu tertarik untuk mengambil informasi pada halaman web yang kamu buka, kamu dapat menyimpannya ke dalam disket, harddisk, atau flash disk, sehingga kamu dapat membukanya di lain waktu tanpa harus terhubung dengan Internet (online). Hal ini dapat menghemat biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan informasi. Format penyimpanan dapat menggunakan format html, mengkopi kemudian dipindahkan ke dokumen Microsoft Word, atau langsung dicetak.

2. Mencetak informasi

Apabila kamu ingin mencetak halaman web tersebut, dapat kamu lakukan dengan cara berikut.

1. Klik menu file.
2. Klik Print, maka akan tampak kotak dialog Print
3. Selanjtnya, pilih jenis printer yang terpasang kemudian lalu klik tombol Print.
H. Melakukan Download File dan Menentukan Lokasi Penyimpanan

Download adalah proses pengambilan file dari komputer lain melalui Internet ke komputermu. File tersebut memiliki bermacam-macam bentuk, seperti dokumen dari Microsoft Word yang berekstensi .doc, dokumen gambar dengan ekstensi jpg dan .bmp, serta dokumen Acrobat Reader yang berekstensi .pdf. Saat ini, sudah banyak sekali program aplikasi yang dibuat khusus untuk menangani kegiatan download file dari Internet. Misalnya, Download Accelerator Plus (DAP), Getright, Free Download Manager, dan aplikasi lainnya.
I. Mengidentifikasi Elemen-elemen dalam Dokumen

HTML terdiri atas tag-tag yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Tag adalah kode yang berada di antara tanda <>. Bentuk umum dari suatu tag diawali dengan , kemudian teks yang akan dimasukkan, dan diakhiri dengan . Tag-tag tersebut ditulis secara berpasangan.
Setiap dokumen HTML harus diawali dengan menuliskan tag dan di akhir dokumen. Tag ini menandai elemen HTML, yang berarti dokumen tersebut adalah dokumen HTML. Dalam satu dokumen hanya terdapat satu elemen HTML.

0 komentar: