THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 12 November 2010

BAB 1

A.    Konsep Internet
Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung. Memang itulah fungsinya, INTERNET menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yang digunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOS atau UNIX.
Sementara jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX), INTERNET mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan “bahasa” yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi INTERNET.
Dengan demikian, definisi INTERNET ialah “jaringannya jaringan”, dengan menciptakan kemungkinan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepada jenis komputernya.
1.     Sejarah Internet
Pada tahun 1969 ARPA (Advanced Research Project Agency), sebuah bagian dalam kementerian Pertahana Amerika Serikat memulai sebuah proyek, yang di satu sisi menciptakan jalur komunikasi yang tak dapat dihancurkan dan disisi lain memudahkan kerjasama antar badan riset diseluruh negeri, seperti juga industri senjata. Maka terbentuklah ARPANet. Bila pada awalnya komputer sejenis yang melakukan pertukaran data, bertambahnya komputer dengan berbagai sistem operasi lain menuntut solusi baru komunikasi yang tak terbatas antar semua badan yang tergabung dalam jaringan.
2.     Prinsip Koneksi
Komputer harus terhubung dengan internet untuk dapat melakukan koneksi dengan internet. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan yang ada seperti ISP (Internet Service Provider). ISP merupakan sebuah perusahaan yang khusus menangani layanan bagaimana seseorang, kantor, atau organisasi dapat memanfaatkan layanan internet.
3.     Kegunaan Internet
·         Informasi yang diperoleh lebih cepat dan murah
·         Mengurangi biaya kertas dan distribusi
·         Sebagai media promosi
·         Komunikasi interaktif
·         Sebagai Researchand development
·         Pertukaran data
B. Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Keras yang Digunakan Akses Internet
1.     Perangkat Komputer Pribadi (Personal Computer)
  • Motherboard                : DFI
  • Processor                     : Pentium 4 dari Intel
  • Memory                        : 512 MB
  • Harddisk                      : SATA 80 GB
  • VGA Card                     : ATI Radeon 128 MB
  • Monitor                        : Philips Flat 17 inch
  • Keyboard + mouse         : Generic
2.     Modem (Modulator Demodulatar)
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
4.     Saluran Telepon
Saluran telepon dapat digunakan untuk menghubungankan komputer dengan internet melalui perangkat modem. Dengan telepon dapat menggunakan layanan Telkomnet Instant.
5.     Perangkat Lunak (Software)
Terdapat beberapa software yang dapat mengakses internet seperti internet explorer dan netscape Navigator.
6.     Internet Service Provider (ISP)
ISP adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
C.  Mendeskripsikan Peran Internet Service Provider (ISP)
ISP adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT. Terdapat beberapa layanan yang disediakan ISP, yaitu:
1.     Dial Up
Dial Up merupakan layanan yang disediakan untuk para pengguna internet yang ingin mengakses melalui kabel telepon yang didukung oleh modem.
2.     Hotspot
Hotspot merupakan layanan untuk pengguna yang membutuhkan koneksi internet pada lokasi-lokasi tertentu seperti dimall, kafe, dan bandara.
3.     Mobile Access
Mobile Access merupakan layanan akses internet yang dapat diperoleh secara mudah dan praktis melalui perangkat telepon genggam.
4.     Wireless
Merupakan layanan internet dengan menggunakan teknologi tanpa kabel.
5.     Dedicated Connection
Digunakan untuk mengakses internet melalui fiber optic, jaringan tv, kabel, satelit, dan telepon rumah yang terhubung secara terus-menerus.
D. Mendeskripsikan User ID dan Password
User ID atau user name merupakan serangkaian huruf yang merupakan tanda pengenal untuk masuk dan mengakses internet. Password merupakan serangkaian huruf atau angka yang merupakan sandi untuk dapat mengakses internet.Password bersifat rahasia,sehingga kita tidak diperkenankan memberitahukanya kepada orang lain.

0 komentar: